banner 920x90

Peminat UNM Terus Meningkat, Rektor Pastikan Proses UTBK SBMPTN Berjalan Lancar

  • Share

Newstime.id – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam memastikan hari pertama proses jalannya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berjalan aman dan lancar.

Hal tersebut disampaikan Prof Husain Syam dalam konferensi persnya di Gedung Pinisi UNM, Senin (12/4/2021) usai bersama jajaran pimpinan dan panitia pelaksana UTBK melakukan pemantauan yang berlangsung di sejumlah titik lokasi tes.

Pelaksanaan UTBK yang digelar tatap muka di tengah pandemi Covid-19, panitia pelaksana telah membuat sejumlah perosedur dan ketentuan dengan protokol kesehatan dan kebijakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dalam mencega terjadinya penyebaran Covid-19.

Prof Husain Syam mengungkapkan pihaknya telah mempersiapkan jalannya pelaksanaan UTBK sesuai dengan standar kesehatan, sehingga pada hari ini, ia melakukan pemantauan ke sejumlah lokasi UTBK di UNM untuk memastikan pelaksanaan berjalan dengan baik.

“UNM adalah kampus yang siap dengan apapun itu dijadikan petunjuk, mau berbasis komputer kita siap, mau secara offline juga kita telah siap,” ujar Guru besar dibidang pertanian ini.

Selain itu, Prof Husain Syam juga menyampaikan peserta SBMPTN melalui jalur UTBK tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal itu kata di, UNM semakin di percaya dalam mengelola pendidikan untuk generasi kedepan.

“Jadi ini merupakan suatu kebanggaan kita di UNM karena peserta UTBK tahun ini meningkat. Proses UTBK ini sebagai bagian tanggungjawab kita dan kami pastikan berjalan dengan baik, lancar dan aman,” terang mantan dekan fakultas teknik UNM ini.

Sehingga, lanjut Prof Husain, seluruh peserta UTBK yang berkompetisi tidak perlu lagi pesimis dalam mengikuti proses seleksi, karena UNM telah menyiapkan fasilitas khusus yang nyaman dan memadai.

“Untuk lokasi ujiannya itu tersebar di 13 titik pusat UTBK 712 UNM, 5 lokasi diantaranya ada di mitra kita. Ruang ujian yang kita siapkan juga ada 48. Kami telah siapkan juga 1.014 PC atau komputer,” jelasnya.

Sekadar diketahui, adapun peserta pendaftar UTBK SBMPTN UNM tahun ini sebanyak 15.886 orang yang terdiri dari 3 kelompok yakni kelompok saintek 5.768 peserta, kelompok soshum 7.585, dan kelompok campuran 2.533 orang.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *