banner 920x90

Hasil Leg Pertama Semifinal Piala Menpora 2021, PSM 0-0 Persija

  • Share

SLEMAN, Newstime.id – PSM Makassar dan Persija Jakarta bermain imbang 0-0 di leg pertama babak semifinal Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, malam ini. Persija mengakhiri laga ini dengan 10 pemain.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama didapatkan Persija lewat Osvaldo Haay di menit ke-19. Namun, tembakan kaki kiri pemain asal Papua tersebut mampu diamankan dengan mudah oleh kiper PSM, Hilmansyah.

Kerjasama dua penyerang PSM memberi ancaman ke pertahanan Persija di menit ke-27. Beruntung bagi Persija, Mark Klok bisa memotong bola yang siap dieksekusi Yacob Sayuri dan hanya melahirkan lemparan ke dalam.

Peluang terbaik didapatkan PSM melalui kerja sama Eka Rizky dan Saldi di menit ke-29. Sayangnya, tendangan kaki kiri Saldi masih bisa ditepis kiper Persija, Andritany Ardhiyasa dan hanya menghasilkan sepak pojok.

M Arfan nyaris membawa PSM memimpin di menit ke-36. Bermula dari sepak pojok, terjadi kemelut di depan gawang yang kemudian disapu Andritany. Arfan yang muncul dari second line langsung melepaskan tendangan keras dari depan kotak penalti. Beruntung Andritany bisa menepis bola yang mengarah ke gawangnya.

PSM hingga menit ke-40 masih mengontrol pertandingan dan beberapa kali memberi ancaman. Osvaldo Haay nyaris mencetak gol ketika terjadi kesalahan antisipasi di sektor pertahanan saat Otavio Dutra mengirim umpan terobosan di menit ke-41. Tapi Hilmansyah mampu mematahkan peluang itu dengan kesigapannya menutup ruang tembak Osvaldo. Skor 0-0 bertahan hingga 45 menit pertama berakhir.

Kembali ke lapangan, Persija yang ingin menambah intensitas serangan memasukan Rico Simanjuntak mengantikan Heri Susanto. Sentuhan pertama Rico langsung membahayakan pertahanan PSM. Saling serang kemudian terjadi di awal paruh kedua ini.
Namun, kedua tim terlihat menurunkan tempo permainan, PSM lebih menunggu pemain Persija Keluar dari pertahanan mereka, lalu memanfaatkan serangan balik dengan kecepatan pemain-pemain mereka.

Menit ke-57, Persija yang kesulitan memasuki seperempat lapangan PSM mencoba untuk melakukan tendangan spekulasi, sayang tembakan keras dari Ramdani Lestaluhu masih jauh keatas gawang Hilmansyah.

Menit ke-60, melalui tusukan dari sisi kanan penyerangan Persija, Rico Simanjuntak berhasil memasuki kotak penalti PSM. Rico lalu melakukan cut back dan disambut oleh Marco Simic. Beruntung ada Zulkifli Syukur yang mengamankan bola di garis gawang.

Memasuki menit ke-70, Pelatih PSM, Syamsuddin Batola belum melakukan perubahan strategi. Sementara Persija sejak awal babak kedua sudah memasukkan Riko Simanjuntak. PSM mendapat peluang melalui Saldi di menit ke71 lewat Saldi. Tapi tembakannya terlalu pelan.
Pelatih Persija, Sudirman kembali melakukan perubahan dengan memasukkan Toni Sucipto menggantikan Ramdani Lestaluhu. Sebuah percobaan dilakukan Yacob Sayuri di menit ke-75 namun membentur pemain Persija sehingga bisa ditangkap Andritany.
Syamsuddin Batola memasukkan Patrich Wanggai di menit ke-79 menggantikan Rizky. Dengan begitu, PSM kini bermain dengan satu penyerang murni. M Arfan juga ditarik keluar di menit ke-82 digantikan Aji Kurniawan. Setelah itu, Persija harus bermain dengan 10 pemain setelah Marco Motta mendapat kartu merah karena terlibat cekcok dengan Abdul Rahman. Tapi keuntungan jumlah pemain tidak bisa dimaksimalkan. skor 0-0.

Kedua klub akan kembali bertemu di leg kedua yang akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo. Laga ini akan berlangsung Minggu, 18 April mendatang. Penentuan pemenang akan ditentukan dengan sistem agregat, bukan gol tandang.

Pemenang duel semifinal pertama ini akan bertemu dengan pemenang semifinal lainnya yang mempertemukan Persib Bandung dan PSS Sleman. Laga Persib versus Sleman akan digelar pada 16 dan 19 April.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *