banner 920x90

Cara Dapat Diskon Listrik Selama Ramadhan

  • Share

Jakarta, Newstime.id – Diskon tarif listrik untuk pelanggan 450 dan 900VA bersubsidi masih, berlanjut, termasuk di masa Ramadhan ini. Stimulus listrik ini masih bisa dinikmati mulai April-Mei-Juni 2021.
Stimulus listrik tersebut sudah diberikan sejak awal masa pandemi virus Corona (COVID-19), yaitu April 2020. Setelah berakhir Juni, apakah diskon listrik bakal diperpanjang?

EVP Tarif dan Subsidi PT PLN (Persero) Tohari Hadiat hanya mengatakan bahwa pemerintah melalui PLN baru memperpanjang stimulus untuk periode April-Juni 2021, atau triwulan II.

“Untuk periode triwulan II itu sudah ada keputusannya dari pemerintah yang diterbitkan, di mana keputusan dari pemerintah tersebut intinya bahwa seluruh pelanggan yang telah menerima stimulus di periode 2020 dan triwulan I, nilainya 50% diberikan di triwulan II,” kata dia dalam diskusi virtual, Rabu (14/4/2021).

Maksud Tohari bahwa per April ini skema diskon tarif listrik dipangkas 50%. Jadi pelanggan 450VA yang semula menikmati listrik gratis akan mulai dikenakan tarif 50% dari yang seharusnya dibayarkan. Sedangkan pelanggan 950VA bersubsidi yang sebelumnya menikmati diskon 50%, per bulan ini hanya diberikan potongan 25%.

Sebagai penerima penugasan dari pemerintah, PLN kata dia tetap siap sedia jika diberikan penugasan untuk perpanjangan diskon listrik.

“Tentu PLN dalam posisi selalu harus dan selalu siap untuk menjalankan penugasan pemerintah. Yang penting didiskusikan seperti apa modelnya dari awal, sehingga kami memiliki persiapan yang cukup untuk menjalankannya sesuai dengan arahan atau penugasan dari pemerintah,” tambahnya.

Jadi pada intinya, diskon tarif listrik masih akan berlaku sampai Juni ini. Bulan berikutnya, tunggu kabar selanjutnya ya.

Pengen dapat diskon tarif listrik selama masa Ramadhan? Langsung klik halaman berikutnya.

Cara klaim diskon tarif listrik PLN April-Mei-Juni 2021:

1. Bagi pelanggan pascabayar, diskon tarif listrik PLN diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan.

2. Bagi pelanggan prabayar, diskon tarif listrik PLN diberikan saat pembelian token listrik. Khususnya untuk pelanggan prabayar daya 450 VA, tidak perlu lagi mengakses token, baik di web, layanan WhatsApp, maupun PLN Mobile. Stimulus akan langsung didapat saat membeli token listrik.

3. Bagi pelanggan rumah tangga, bisnis dan industri daya 450 VA pascabayar, karena ada perubahan besaran stimulus maka diskon tarif listrik PLN langsung didapat saat melakukan pembayaran rekening listrik.

“Kami mengingatkan, khususnya kepada pelanggan 450 VA pasca bayar, mulai rekening bulan April 2021 harus kembali melakukan pembayaran. Namun tentunya dengan potongan dari stimulus sebesar 50%,” tutur Bob Saril Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, dalam keterangan tertulis.

Pengen tahu masuk kategori penerima diskon tarif listrik atau bukan? Cek keterangan di bawah ini:

1. Pelanggan golongan rumah tangga daya 450 VA, bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

2. Pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon tarif listrik 25% dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

3. Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50% bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri.

Potongan diskon tarif listrik sebesar 50% hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *