banner 920x90

Ratusan Armada Pengangkut Sampah Rusak, DLH: Tanggung Jawab Kecamatan

  • Share

MAKASSAR, Newstime.id — Sebanyak 166 armada pengangkut sampah Kota Makassar mengalami kerusakan. Jika dibiarkan, pelayanan sampah di tiap kecamatan bisa terganggu.

Menanggapi hal ini, Plt Kepala DLH Kota Makassar, Imam Hud mengatakan kerusakan truk sudah menjadi tanggung jawab penuh kecamatan untuk membenahi.


Penganggaran, kata Iman sudah jelas dirincikan oleh pemerintah kota bahkan anggaran sampai bahan bakar pun telah dipenuhi.

Iman menilai, kerusakan jika tidak segera dibenahi akan berdampak pada pelayanan persampahan di Kota Makassar. Pasalnya armada tersebut beroperasi cukup ketat dan terintegrasi selama 24 jam. Sehingga jika ada salah satu armada yang mengalami masalah maka jelas akan berdampak pada waktu pengangkutan.


“Inikan barang di kecamatan, itu perlu ditanya kenapa bisa rusak. Sekarang mobil sampah itu tidak ada yang sempurna. Tapikan ada biaya pemeliharaannya, itu masuk bensin, solar, perbaikannya itu sudah ada anggarannya,” ucapnya, Rabu (21/4/2021).

Ia menilai banyaknya truk yang rusak tidak disikapi serius, apalagi telah ada anggaran pemeliharaan yang disediakan namun tetap saja angka kerusakan tetap sulit dinolkan.

“166 armada yang rusak, makanya saya bilang kalau dia orang pintar dia harus rencanakan memang mi, saya 5 tahun di Satpol tidak ada yang rusak kendaraan. Kalau memang dibutuhkan pembiayaannya lebih ajukan itu pembiayaan. Karena jelas armada ini digunakan 24 jam,”terang Iman.

Ia juga menyoroti armada-armada tua yang masih tetap dioperasikan oleh kecamatan, kata dia tiap armada tua perlu ditelisik operasinya, jangan sampai armada tersebut kerap kali rusak dan banyak memakan biaya.

“Makanya harus dipikirkan baik-baik itu semua, makanya kalau bisa perlu study kasus di satu kecamatan supaya ditau kenapa rusak. Saya kira ini memang karena beban sampah. Ini perlu dimuseumkan saja yang tua. Karena ini pasti lebih banyak ongkosnya, jadi lebih baik beli baru,” tegasnya. (*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *