banner 920x90

Zona Merah Covid-19 Pekan Ini Naik Tiga Kali Lipat! Ini Daftarnya

  • Share

Jakarta, Newstime.id – Perkembangan zona merah COVID-19 di Indonesia pekan ini memburuk. Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan dari yang tadinya hanya ada enam kabupaten/kota zona merah, kini menjadi 19 kabupaten/kota.
Ini artinya ada peningkatan zona merah lebih dari tiga kali lipat dalam sepekan terakhir.

Wiku menjelaskan peningkatan terjadi karena ada pergeseran zonasi risiko COVID-19 pada 14 kabupaten/kota. Di antaranya berasal dari Provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Hal yang serupa juga terjadi pada zona risiko oranye. Jumlahnya bertambah dalam sepekan terakhir dari 322 kabupaten/kota menjadi 340 kabupaten kota.

“Lagi-lagi terjadi penambahan zona merah dan oranye yang mana seharusnya selalu kita upayakan agar turun,” kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Selasa (27/4/2021).

“Saya harap seluruh gubernur provinsi maupun wali kota dari kabupaten/kota yang saya sebutkan dapat terus memantau perkembangan zonasi risiko ini dan tentunya mengidentifikasi penanganan COVID-19 di wilayahnya. Ini adalah perkembangan yang tidak diharapkan,” lanjutnya.

Wiku mengingatkan agar kepala daerah segera menjalankan fungsi posko-posko PPKM mikro. Tujuannya agar daerah dapat segera bisa mengendalikan kasus COVID-19.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *