banner 920x90

Selesai Diklat BDK, Guru Geografi MAN 1 Bulukumba Diseminasi di Forum MGMP

  • Share
Forum Guru Geografi MAN 1 Kab.Bulukumba Sulawesi Selatan diForum MGMP.Kamis 02/09/2021

BULUKUMBA,Newstime.id – Setelah selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) Guru Mata pelajaran Geografi di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Makassar selama enam hari pada bulan Juli 2021 lalu. Guru Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bulukumba, Andi Muhammad Tasmira menjadi pembicara dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Geografi kabupaten Bulukumba, bertempat di Grand 99 Café and Resto, Bulukumba, Kamis, (2/9/2021).

Ia membawakan materi terkait perangkat pembelajaran, khusus pada pemetaan SKL, KI, KD dan IPK, disertai dinamika kelompok bagi peserta. Materi yang disampaikan tersebut merupakan juga diseminasi dari kegiatan pelatihan Geografi yang telah diikutinya.

“Kita sama-sama memperluas wawasan dan kompetensi sebagai guru. Caranya tentu dengan mengikuti diklat, pelatihan, mengaktifkan forum MGMP, serta disksusi teman sejawat, sesama guru Geografi,” jelasnya.

Kegiatan MGMP Guru Geografi ini dihadiri Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sulsel Wilayah V, Muh Haris. Ketua MKKS SMA Syamsul Rijal, Pengawas SMA Kabupaten Bulukumba Mursalim dan diikuti 32 guru SMA/MA Se Kabuapten Bulukumba sebagai peserta.

Dalam sambutannya, Ketua MKKS, Syamsu Rijal sangat mengapresiasi langkah pengurus MGMP Geografi untuk melaksanakan pertemuan MGMP ini, karena selain sebagai ajang silaturahmi diantara sesama guru Geografi, juga sebagai upaya saling tukar informasi dan ilmu guna pengembangan diri para tenaga pendidik terutama dalam pembelajaran di masa pandemi yang telah berjalan sekitar empat semester ini.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Wilayah V Propinsi Sulsel, Muh Haris menyambut positif dan merupakan undangan pertama usai dilantik beberapa bulan lalu. Baginya kegiatan MGMP ini sangat penting karena menyangkut kompetensi yang mesti dimiliki para tenaga pendidik. Apalagi MGMP Geografi ini bukan hanya Guru dari Dinas pendidikan yang bergabung akan tetapi juga yang berasal dari Madrasah Aliyah naungan Kementerian Agama. Ia juga menyampaikan dinamika pembelajaran tatap muka di era pandemi ini.

“Semua sekolah mesti membuka proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pembukaan pembelajaran tatap muka ini penting, mengingat hampir dipastikan bahwa selama pembelajaran daring ini menimbulkan lost learning,” paparnya.

Selain penyampaian materi dari Andi Tasmira dalam MGMP tersebut, Narasumber lainnya adalah Mursalim yang juga Pengawas tingkat SMA Kabupaten Bulukumba, Ia memberikan materi terkait dengan berbagai langkah dan kebijakan pemerintah dalam dunia pendidikan di masa pandemi.

Penyampaian materi sendiri dipandu oleh Ketua MGMP Geografi SMA/MA Kabupaten Bulukumba, Muh Basri.(*)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *