banner 920x90

Sirkuit Mandalika Diragukan Gelar MotoGP Tahun 2022

  • Share

Jakarta, Newstime.id – Dalam dua hingga tiga bulan yang akan datang, Indonesia terjadwal di kalender MotoGP 2022 untuk menggelar Mandalika MotoGP Official Test dan Grand Prix of Indonesia. Namun dengan waktu yang terbatas dan kondisi pandemi yang fluktuatif, ada pihak yang meragukan Indonesia untuk menggelar MotoGP tahun ini.

Speedweek, media balap asal Jerman, mengatakan dengan tak terprediksinya pandemi Covid-19, segala pembatasan, hingga rumitnya birokrasi di Indonesia masih banyak yang belum jelas tentang gelaran MotoGP di Lombok pada 18 hingga 20 Maret mendatang.

“Pada akhir pekan terakhir di bulan November, WSBK digelar oleh Dorna di Sirkuit Jalanan Mandalika untuk pertama kalinya. Speedweek bisa mendapatkan gambaran yang komprehensif dari situasi di tempat ini,” tulis Ivo Schützbach jurnalis Speedweek.

Menurut Speedweek, Indonesia sempat membatasi orang asing untuk masuk atau membuat visa ke Indonesia. Hal ini membuat Dorna dan MGPA harus bernegosiasi atau membuat kesepakatan dengan kementerian terkait di Indonesia.

“Meski berusaha untuk membuat prosedur masuk acara SBK sesederhana mungkin, perjalanan ke Asia Tenggara adalah ujian kesabaran dan membutuhkan persiapan berhari-hari dengan tumpukan birokrasi,” tulis Speedweek.

Speedweek juga mengatakan, semua birokrasi ini terjadi pada menit-menit akhir. Tak sedikit dari pebalap atau tim yang mendapatkan visa sehari sebelum keberangkatan.

“Surat undangan yang diperlukan dari pihak penyelenggara juga sudah lama datang. Dengan pengalaman beberapa bulan terakhir, diharapkan bisa lebih santai untuk ajang MotoGP pertama,” lanjut mereka.

“Misalnya host balapan yang sudah tidak lagi dipegang oleh Mandalika GrandPrix Association tapi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sehingga koordinasi soal Marshall balapan seperti di WSBK (World Superbike) kemarin harus dibahas lagi,” katanya.

Baca Juga  Rusuh di Kazakhstan Akibatkan Naiknya Harga Bahan Bakar Nuklir

Dia juga memastikan pembenahan infrastruktur lingkar sirkuit untuk mendukung gelaran MotoGP. Itu termasuk pelebaran jalan dan penataan kawasan, kesiapan destinasi pariwisata, akomodasi, transportasi dan promosi mengingat dampak gelaran MotoGP bagi pariwisata NTB dan Indonesia. Ia mengingatkan pelaku bisnis mulai dari perjalanan wisata sampai hotel memanfaatkan peluang dan tetap menjaga citra pelayanan prima.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *