banner 920x90

Danny Pomanto Anggarkan Rp 5 M Ubah 100 Gang di Makassar Jadi Lorong Wisata

  • Share

Makassar, Newstime.id – Wali Kota Makassar Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menyiapkan anggaran Rp 5 miliar untuk mengubah 100 gang di Makassar menjadi lorong wisata. Diharapkan program lorong wisata ini akan menarik wisatawan ke Makassar.

“Kita bikin sebaik mungkin dengan konsep wisata, ada spot fotonya, ada wisata kulinernya dengan UMKM yang dijual masyarakat sekitar, kemudian juga kita beri warna warni biar lebih bersih dan cantik saat dikunjungi,” kata Kadis Pariwisata Kota Makassar Muhammad Roem dalam keterangannya kepada wartawan, Senin (3/1/2022).

Seratus gang yang dibuat jadi lorong wisata itu merupakan program Danny Pomanto yang dijalankan Dinas Pariwisata. Gang yang dibuat menjadi lorong wisata mengacu pada karakter dari gang tersebut.

“Contohnya kalau lorongnya potensi kuliner di situ, maka kita bikin lorong kuliner, di dalamnya ada jualan makanan rakyat, yang memang banyak disukai oleh masyarakat. Kalau lorongnya cocoknya konsep gambar, maka kita akan isi gambar mural, gambar kartu atau warna warni biar masyarakat bisa foto foto juga di sana,” sebutnya.

Selain itu, beberapa lorong dikonsep oleh SKPD terkait di Kantor Balai Kota Makassar.

“Ada juga ketahanan pangan, ada juga Dinas Koperasi yang bisa mengurusi UMKM-nya. Kalau ketahanan pangan munkin lebih kepada menyulap lorong jadi lebih hijau, dengan beberapa tanaman seperti sayur hingga buah, termasuk budi daya ikan, tapi silahkan tanyakan SKPD terkaitnya,” jelasnya.

Untuk membuat lorong itu, Dinas Pariwisata Kota Makassar telah menyiapkan anggaran pada 2022.

“Anggarannya Rp 5 miliar, prosesnya akan segera dijalankan,” pungkasnya.

Baca Juga  Fatmawati Rusdi Resmi Tutup Festival Recovery UMKM dan Kuliner Kecamatan Panakukkang
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *