banner 920x90

Ekspor Batu Bara disetop Sementara Oleh Pemerintah

  • Share

Jakarta, Newstime.id – Ekspor batu bara disetop sementara oleh pemerintah mulai 1-31 Januari 2022. Keputusan itu diambil untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik dalam negeri.

Presiden Jokowi bahkan mengancam mencabut izin perusahaan yang tidak mematuhi kewajiban pemenuhan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri (DMO).

Presiden Joko Widodo menegaskan tidak akan segan-segan memberi sanksi hingga mencabut izin ekspor dan usaha kepada perusahaan batu bara yang melanggar pemenuhan pasokan dalam negeri atau Domestic Market Obligation (DMO).

“Perusahaan yang tidak dapat melaksanakan kewajibannya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri bisa diberikan sanksi. Bila perlu bukan cuma tidak mendapatkan izin ekspor tapi juga pencabutan izin usahanya!” tegas Jokowi dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden RI, Senin (3/1/2022).

Menurutnya, prioritasnya pemenuhan kebutuhan dalam negeri untuk PLN dan industri dalam negeri adalah mutlak, “Sudah ada mekanisme DMO yang mewajibkan perusahaan tambang memenuhi kebutuhan pembangkit PLN. Ini mutlak jangan sampai dilanggar alasan apapun!” tutunya.

Baca Juga  Menpora Zainudin Apresiasi Niat Wali Kota Danny Kembangkan Fasilitas Olahraga Di Makassar
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *