banner 920x90

Komisi E DPRD Sulsel Pesimis Pemprov Bangun Kembali Mattoanging, Usul Barombong Dilanjut

  • Share

Makassar, Newstime.id – Anggota Komisi E DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Selle KS Dalle menuturkan Pemprov mesti menyiapkan opsi jika berat membangun kembali Stadion Mattoanging. Selle menilai anggaran Mattonging bisa dialihkan untuk menyelesaikan Stadion Barombong yang mangkrak.

“Kalau kajiannya pemprov misalnya Stadion Mattoanging agak berat, ya kita dorong Pemprov selesaikan itu Stadion Barombong. Daripada putra-putri terbaik kita ini ‘tunawisma’ dalam soal fasilitas olahraga, khususnya stadion,” ungkap Selle, Kamis (11/8/2022).

Selle menuturkan Pemprov mestinya cepat melakukan kajian. Opsi yang harus diambil agar fasilitas olahraga seperti stadion bisa segera tuntas dan dinikmati warga. Opsi tetap membangun Mattoanging atau menuntaskan Barombong bisa dicermati.

“Kita kasih pilihan pemprov, silakan lakukan kajian secara cepat, yang mana yang paling menguntungkan, murah anggarannya dan cepat bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Kita kasih penegasan begitu dalam kebijakan anggaran tahun 2023,” bebernya.

Menurutnya anggaran Rp 67 miliar untuk Mattoanging ini kalau tidak terpakai sangat disayangkan. Sehingga menurutnya jika Mattoanging sudah tidak memungkinkan ditender maka idealnya dialihkan anggarannya. Terutama untuk kepentingan publik yang lebih mendesak.

“Ini bisa direalokasi di APBD perubahan,” tuturnya.

Selle juga menyinggung informasi pembangunan Stadion Mattoanging yang terkesan ditutupi. Kondisi ini juga menurutnya harus menjadi catatan buat Pemprov. Menurutnya Pemprov harus transparan menyampaikan ke publik. Terutama terkait perkembangan rencana pembangunan Stadion Mattoanging.

“Hak publik mesti dipenuhi ada regulasinya terkait keterbukaan informasi. Ini pahit-pahit kalau gagal sampaikan. Supaya masyarakat tahu. Daripada, khususnya suporter, pencinta bola berharap terus tapi sudah anu apa, menepuk angin,” terangnya.

Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari sebelumnya mengkritik Pemprov Sulsel karena lambannya tender ulang Stadion Mattoanging. Proyek ini dikhawatirkan tak rampung bila tender ketiga tak segera dilakukan.

“Ini lelang kedua sudah gagal. Harusnya lelang ketiga harus (dipercepat) pelaksanaannya karena waktu berjalan terus,” ungkap Andi Ina kepada detikSulsel, Senin (6/6).

Andi Ina mengingatkan anggaran proyek Stadion Mattoanging lebih dari Rp 60 miliar sudah menjadi perda APBD 2022. Sehingga penggunaan anggarannya hanya bisa digunakan untuk tahun 2022 ini.

Proyek Stadion Mattoanging diketahui sudah dua kali dilakukan tender. Namun tak ada satupun perusahaan peserta tender yang memenuhi persyaratan.

Pemprov Sulsel kemudian melakukan konsultasi ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sesuai rekomendasi LKPP, proyek ini direkomendasikan kembali ditender ulang.

Kadispora Sulsel Andi Arwin Azis sebelumnya menuturkan opsi tender ulang memang paling memungkinkan. Penunjukan langsung rasanya tidak mungkin menjadi pilihan. Menurutnya memang harus dilakukan evaluasi karena tender sudah dua kali gagal.

“Konsep tetap mengacu ke 20.000 (kursi penonton). Tidak berubah. Cuma metode pemilihan penyedianya yang dievaluasi karena pokja kemarin tidak mendapatkan pemenang,” jelasnya, Kamis (7/4).

Arwin memastikan waktu pengerjaan masih akan cukup bila dilakukan tender ulang. Pihaknya sudah berhitung sisa masa pengerjaan.

“Waktunya mepet ke Desember. Mudah-mudahan jalan lancar sehingga secepatnya (berjalan),” tukasnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *