banner 920x90

Walkot Makassar Tinjau Waduk Nipa-nipa, Singgung Air Kiriman Daerah Lain

  • Share

MAKASSAR, Newstime.id – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto meninjau kondisi Waduk Nipa-nipa menyusul intensitas hujan mulai tinggi di Kota Daeng. Danny lantas menyinggung air yang masuk ke Waduk Nipa-nipa merupakan kiriman dari daerah lain yang muaranya ke Makassar.

“Persiapan bisa kita lihat Waduk Nipa-nipa yang menyangga Makassar. Karena air dari yang lain masuk ke sini, kemudian itu pasti lewat Makassar,” kata Danny kepada wartawan saat melakukan peninjauan, Sabtu (17/12/2022).

Dia kemudian mengatakan Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ) telah mengantisipasi air kiriman tersebut. Pemkot Makassar juga disebutnya sudah melakukan antisipasi.

“Kepala balai telah mengantisipasi itu. termasuk Pemerintah Kota mengantisipasi semua perangkat-perangkat kita, Dinas Sosial, BPBD, camat, lurah, RT/RW, semua kita persiapkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Danny juga memaparkan 2 hal tentang cuaca buruk yang bisa memicu banjir. Pertama karena volume hujan yang besar, kedua karena durasi hujan yang panjang.

“Karena itu ada 2 faktor. Faktor besarnya curah hujan yang turun dihitung dengan milimeter, dan lamanya hujan itu turun,” katanya.

Kendati demikian, Danny mengaku akan tetap memaksimalkan upaya pencegahan agar tidak tidak terjadi banjir di Makassar. Apalagi seharian ini Makassar sedang diguyur hujan.

“Semua perangkat-perangkat pemerintah, termasuk semua infrastruktur pengendali banjir dimaksimalkan untuk menghadapi kemungkinan cuaca buruk yang berkepanjangan,” ungkapnya.

Baca Juga  Rembung Stunting 2022, Makassar Target Zero Stunting 2024
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *