banner 920x90

KM Kirana Rute Parepare-Balikpapan Kembali Berlayar Usai Tertahan Cuaca Buruk

  • Share

PAREPARE, Newstime.id – KM Kirana diizinkan kembali berlayar dari Pelabuhan Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) menuju Balikpapan (Kaltim). Sebelumnya selama dua hari KM Kirana tertahan keberangkatannya karena cuaca buruk.

“Iya, jadi Jumat-Sabtu tertunda berangkat, tadi siang baru bisa berangkat karena cuaca sudah aman untuk berlayar,” ungkap Humas KSOP Parepare, Eko Prayetno, Minggu (25/12/2022).

Eko menjelaskan, KM Kirana sebelumnya dijadwalkan akan berangkat pada Jumat (23/12) dari Pelabuhan Parepare 9.30 Wita, kemudian dijadwalkan ulang berangkat pukul 15.00 Wita. Namun seiring dengan kondisi cuaca yang tak kunjung membaik, maka selama dua hari terakhir KM Kirana terpaksa tidak diizinkan berlayar.

“KM Kirana sudah bisa berlayar tadi pukul 13.10 Wita menuju ke Balikpapan,” papar Eko.

Dia juga menjelaskan para penumpang dari KM Kirana telah dilakukan pengembalian tiket dan mereka memilih untuk naik ke kapal yang lain yang mendapatkan izin berlayar. Sehingga tidak ada penumpang yang terlantar.

“Penumpang KM Kirana itu sudah berganti kapal. Jadi yang naik hari ini itu penumpang baru,” jelasnya.

Adapun untuk hari ini, Eko menguraikan secara keseluruhan ada 4 kapal yang berangkat dari Pelabuhan Parepare. Kapal tersebut yakni KM Egon menuju Batulicin berangkat pukul 02.00 Wita dan KM Madani Nusantara tujuan Balikpapan berangkat pukul 02.30 Wita.

Kemudian menyusul KM Kirana tujuan Balikpapan berangkat pukul 13.10 Wita dan KM Adithya tujuan Samarinda berangkat pukul 14.00 Wita.

“Ada empat kapal yang berangkat hari ini dari Pelabuhan Parepare mulai dini hari sampai sore ini,” rincinya.

Diberitakan sebelumnya, dua kapal dari Pelabuhan Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) tujuan Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) batal berlayar akibat cuaca buruk. Satu kapal sempat berangkat namun harus kembali ke pelabuhan.

Baca Juga  TP PKK Kota Makassar Gelar Pemantapan Administrasi Dasawisma

“Jadi ada dua kapal yang gagal berangkat akibat cuaca ekstrem hari ini,” ungkap Humas KSOP Kelas III Parepare, Eko Prayetno, Jumat (23/12).

Eko menjelaskan, dua kapal yang gagal berangkat yakni KM Cattleya Express dan KM Kirana. KM Cattleya Express bahkan terpaksa berbalik arah padahal sudah meninggalkan Pelabuhan Parepare menuju Pelabuhan Samarinda.

“Cattleya Express Express itu berangkat 14.30 Wita, tetapi karena cuaca ekstrem maka balik arah kembali ke Parepare sekitar pukul 17.00 Wita,” jelasnya.

Sumber: detiksulsel

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *