banner 920x90

Tinjau Implementasi Hasil Studi Tiru, Indira Yusuf Ismail Tekankan Pendidikan Karakter Sejak Dini

  • Share

MAKASSAR, Newstime.id – Bunda PAUD Kota Makassar Indira Yusuf Ismail menyambangi dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, yakni SMP Negeri 6 Makassar dan SMP Negeri 2 Makassar, Selasa (11/04/2023).

Kunjungan itu dilakukan dalam rangka meninjau implementasi hasil studi tiru yang dilakukan oleh sejumlah guru dan kepala sekolah di Jepang beberapa waktu lalu.

“Apa yang kita sudah lihat di sana memang luar biasa. Selain sarana dan fasilitas, guru di sana sangat semangat. Mereka memang betul-betul pendidik dan sangat menginspirasi bagi murid-muridnya,” ungkap Indira.

Hal itulah yang kemudian dia harapkan bisa diterapkan di Makassar. Indira menginginkan guru tidak hanya sekadar mengajar, melainkan juga bisa menjadi pendidik yang bersahabat.

Menurutnya, pada tingkat pendidikan dasar siswa harus ditanamkan lebih dulu dengan pendidikan karakter. Hal itu bisa dilakukan sejak tingkatan pendidikan anak usia dini atau PAUD hingga ke jenjang SMP.

“Yang paling penting etika dan akhlaknya, dan itu bergantung sama gurunya. Guru harus tersertifikasi, harus jadi inspirasi. Guru harus jadi yang terbaik sehingga siswa mengidolakan gurunya,” tuturnya.

Dalam kunjungan itu, Indira meninjau beberapa sudut sekolah, termasuk sejumlah ruang kelas yang diisi oleh siswa yang sedang melaksanakan ujian.

Dia pun turut mendorong pembenahan fasilitas sekolah. Hal itu untuk memaksimalkan salah satu program 18 Revolusi Pendidikan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pamanto yaitu Smart School. (*)

Baca Juga  APEKSI Kembangkan SDM Pemuda Lewat Forum Bilateral Indonesia-Singapura di Youth City Changers
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *