banner 920x90

Kurangi Bau Sampah, Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar Lakukan Penyemprotan Larutan Eco Enzyme di TPA Tamanagappa

  • Share

MAKASSAR, Newstime.id – Pada Kamis, 4 Mei 2023 Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar bekerja sama dengan International Nature Loving Association (INLA) Sulawesi Selatan dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Makassar melakukan penyemprotan larutan eco enzyme di TPA Tamangapa.

Pada penyemprotan ini dibutuhkan 20 liter larutan eco enzyme yang dilarutkan dengan air bersih sebanyak 16.000 liter kemudian disemprotkan menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Tujuan dari penyemprotan ini yaitu untuk meminimalisir bau sampah yang ditimbulkan akibat pembenahan akses jalan yang tertimbun sampah karena salah satu fungsi dari larutan eco enzyme yaitu sebagai larutan pembersih, penyaring udara, dan menetralisir bau tidak sedap dari sampah.

Sebagai informasi, larutan Eco-Enzyme merupakan larutan/cairan multifungsi yang dihasilkan melalui proses fermentasi dari campuran sisa sampah organik (buah-buahan dan sayuran), gula merah tebu (molase) dan air.

Warnanya kecoklatan (Muda/Tua) dan berbau asam manis seperti bau khas fermentasi. Ini juga merupakan salah satu program dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar untuk mengedukasi kepada masyarakat agar dapat membuat sendiri eco enzyme di rumah masing-masing.

Karena selain mudah dibuat dan berfungsi sebagai cairan serbaguna, larutan eco enzyme juga dapat mereduksi sampah yang terbuang ke TPA salah satu bahan baku yang digunakan adalah sampah sisa buah dan sayuran.

Baca Juga  Wakil Wali Kota Makassar Masuk Dalam Daftar Tokoh Perempuan Berpengaruh di Indonesia
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *