banner 920x90

Digandrungi Banyak Orang, Keseringan Bermain Lato-Lato Teryata Bisa Buat Jari Tangan Begini

  • Share

JAKARTA, Newstime.id – Permainan lato-lato digandrungi banyak orang, khususnya anak-anak. Namun, apakah permainan tersebut membahayakan jari tangan?

Dokter Spesialis Bedah Tulang dr Oryza Satria, SpOT(K) menjelaskan sejauh ini belum ada penelitian terkait bahaya lato-lato pada jari-jari tangan.

Dilansir dari detikhealth. “Sebenarnya sejauh ini belum ada yang menjelaskan secara pasti ya, maksudnya efek di tangan, efek di jari, atau di tulang,” ujar dr Oryza ketika ditemui tim detikcom di Griya Husada RSUP Fatmawati, Kamis (12/1/2023).

Bermain dalam jangka waktu yang lama juga tidak membahayakan penggunanya. Akan tetapi, jika tangannya pernah mengalami cedera yang berat seperti patah tulang atau dislokasi jari bisa berisiko.

“Kalau cuma digantung saja tidak akan ada keluhan apa-apa. Kecuali kalau bermain dalam jangka waktu yang lama, kemudian tangannya itu ada bekas cedera yang berat gitu mungkin akan berpengaruh,” kata dr Oryza.

“Tetapi selama tangannya itu sehat dan tidak ada cedera yang berat ya nggak ada masalah,” lanjutnya.

Bermain lato-lato dalam waktu yang lama juga bisa menimbulkan efek seperti keseleo atau kesemutan. Namun, kasus tersebut masih tergolong jarang.

“Tapi kalau kita ngomong masalah di jari kayak keseleo, kesemutan, atau apa gitu, itu bisa saja terjadi. Cuma jarang sekali,” kata dr Oryza.

Alih-alih cedera pada jari-jari tulang, justru cedera akibat lato-lato cenderung terjadi pada area wajah. Seperti di bagian mata atau bibir.

“Ini tajam loh pecahannya. Kalau pecah, kena mata terus bisa buta nanti,” tutur dr Oryza.

“Tergantung (cara) mainnya, kalau dekat bibir bahaya,” pungkasnya.

Baca Juga  Manajer Kimia Farma dan 4 Bawahan Jadi Tersangka Kasus Tes Antigen Bekas
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *