banner 920x90

KPU Parepare Usulkan Kecamatan Bacuki Jadi Dapil Baru untuk Pemilu 2024

  • Share

PAREPARE, Newstime.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengusulkan penambahan daerah pemilihan (dapil) baru menjelang Pemilu 2024. Dapil yang dimaksud, yakni Kecamatan Bacuki.

“Kami ajukan tiga rancang dapil. Di rancang dapil ketiga itu ada empat dapil, semua kecamatan jadi dapil tersendiri termasuk Kecamatan Bacuki yang sebelumnya bergabung di dapil lain,” ungkap Ketua KPU Parepare Hasruddin Husain, Sabtu (17/12/2022).

Hasruddin mengungkapkan, ada pertimbangan yang membuat pihaknya mengusulkan Kecamatan Bacukiki menjadi dapil tersendiri. Pertimbangannya lantaran adanya pergeseran penduduk dengan jumlah cukup banyak di wilayah tersebut.

“Di Pemilu 2024 ini Kecamatan Bacukiki mengalami penambahan jumlah penduduk sekitar 4.200 penduduk. Itu menjadi dasar kami (mengajukan rancang tambahan Dapil),” paparnya.

Pihaknya juga mengaku usulan Bacukiki sebagai dapil tersendiri juga terlihat mendapatkan dukungan dari masyarakat. Ini terbukti saat digelar forum group discussion (FGD)..

“Yang mengemuka dari ketiga rancang dapil tersebut mengemuka di FGD dan uji publik itu dibagi menjadi empat wilayah atau Bacukiki menjadi dapil tersendiri,” jelas Hasruddin.

Dia berharap usulan dan rekomendasi penambahan dapil dapat disetujui KPU. Apalagi dengan pertimbangan usulan tersebut menjadi aspirasi masyarakat.

“Kita berharap usulan dan rekomendasi kami dapat disetujui KPU RI karena perwujudan dari aspirasi masyarakat,” imbuhnya.

Namun menurutnya, penentuan disetujuinya adanya penambahan dapil ini menjadi kewenangan KPU RI. Sementara KPU Parepare hanya mengajukan usulan masyarakat.

“Penentuannya di Februari 2023 mendatang. KPU RI yang akan menentukan disetujui atau tidaknya penambahan dapil tersebut,” tutur Hasruddin.

Untuk diketahui pada Pemilu 2019 ada tiga dapil di Parepare, yakni Kecamatan Ujung dengan enam kursi, Kecamatan Soreang dengan delapan kursi, dan dapil Bacukiki Barat dengan sebelas kursi.

Baca Juga  Danny Spontan Bantu Korban Kecelakaan di Jalan Arief Rate

Adapun untuk penataan dapil Pemilu 2024, Kecamatan Ujung enam kursi, Kecamatan Soreang delapan kursi, Bacukiki Barat tujuh kursi, dan dapil baru Kecamatan Bacukiki empat kursi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *