banner 920x90

Akibat Petasan Malam Tahun Baru, Lahan Dekat Patung Yesus Toraja Kebakaran

  • Share

TANA TORAJA, Newstime.id – Kebakaran lahan terjadi di dekat objek wisata Patung Yesus Buntu Burake di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) gegara petasan saat malam tahu baru. Peristiwa tersebut menimbulkan kepanikan para wisatawan di lokasi.

Insiden itu terjadi pada Minggu (1/1/2023) sekitar pukul 01.45 Wita. Semak belukar di bagian bawah objek wisata Patung Yesus itupun dilalap api.

“Tepat di bawah patung, di sana ada alang-alang itu yang terbakar,” ungkap salah seorang juru parkir objek wisata, Danny kepada detikSulsel, Minggu (1/1).

Patung Yesus Memberkati Buntu Burake di Tana Toraja nyaris terbakar akibat petasan pengunjung. Foto: Dok. Istimewa/Tangkapan Layar
Danny menceritakan, awalnya seorang pengunjung melempar petasan ke bawah tebing. Namun tidak berselang lama, alang-alang tersebut terbakar yang dipicu dari nyala api petasan.

“Ada orang lempar petasan. Langsung terbakar,” paparnya.

Situasi itu langsung memicu kepanikan pengunjung di kawasan destinasi wisata tersebut. Danny lantas menghubungi pemadam kebakaran (Damkar) karena khawatir kebakaran meluas.

“Pengunjung langsung panik, karena mereka kira patungnya yang terbakar, saya langsung telepon pemadam,” beber Danny.

Salah seorang anggota Damkar Tana Toraja, Army mengatakan, pihaknya menurunkan dua armada ke objek wisata Buntu Burake. Petugas sigap menyemprotkan air sebelum kebakaran meluas.

“Dua armada kami kerahkan semalam. Kita sisir sisinya dulu untuk hentikan meluasnya api,” ujar Army.

Kebakaran di kawasan lahan Patung Yesus bisa dipadamkan sekitar 20 menit. Army menuturkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Itu api baru bisa kami padamkan sekitar 20 menit. Tidak sampai di patung, hanya semak yang terbakar,” imbuhnya.

878 Pengunjung Liburan di Patung Yesus
Destinasi Patung Yesus Buntu Burake Tana Toraja menjadi salah satu spot wisata menarik bagi wisatawan. Sebanyak 878 pengunjung dilaporkan liburan pada momen Natal dan tahun baru di lokasi tersebut.

Baca Juga  Mobil Terjun Ke Sungai di Pangkep, 5 Penumpang Tewas-1 Selamat

Data itu berdasarkan laporan Dinas Pariwisata Tana Toraja per tanggal 25 Desember 2022. Mereka datang berfoto dengan latar Patung Yesus termasuk berbelanja kerajinan tangan khas Toraja di tenant UMKM di objek wisata itu.

“Sampai sore ini sudah 878 pengunjung, itu sudah termasuk pengunjung dewasa dan anak-anak,” kata Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Adelheid Sosang kepada detikSulsel, Minggu (25/12).

Adelheid mengklaim jumlah tersebut meningkat dari momen Natal tahun sebelumnya yang hanya sekitar 500 pengunjung. Bahkan diprediksi akan terus meningkat hingga liburan tahun baru 2023.

Tahun lalu saat libur natal itu hanya kisaran 500 pengunjung. Nah, kami yakin tahun ini jumlah kunjungan wisatawan di destinasi Patung Yesus Memberkati ini lebih banyak dari tahun sebelumnya,” ucapnya.

Menurutnya peningkatan angka kunjungan di objek wisata Buntu Burake ini dipengaruhi pembatasan kegiatan pascapandemi COVID yang sudah longgar untuk aktivitas sosial.

“Salah satu faktornya saat ini kita sudah lepas dari pandemi COVID-19,” pungkasnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *