banner 920x90

Cuaca Buruk, 2 Kapal Batal Berlayar dari Pelabuhan Parepare ke Kalimantan

  • Share

PAREPARE, Newstime.id – Dua kapal dari Pelabuhan Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) tujuan Samarinda dan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim) batal berlayar akibat cuaca buruk. Satu kapal sempat berangkat namun harus kembali ke pelabuhan.

“Jadi ada dua kapal yang gagal berangkat akibat cuaca ekstrem hari ini,” ungkap Humas KSOP Kelas III Parepare, Eko Prayetno, Jumat (23/12/2022).

Eko menjelaskan, dua kapal yang gagal berangkat yakni KM Cattleya Express dan KM Kirana. KM Cattleya Express bahkan terpaksa berbalik arah padahal sudah meninggalkan Pelabuhan Parepare menuju Pelabuhan Samarinda.

“Cattleya Express Express itu berangkat 14.30 Wita, tetapi karena cuaca ekstrem maka balik arah kembali ke Parepare sekitar pukul 17.00 Wita,” jelasnya.

Para penumpang KM Cattleya Ekspres pun akhirnya terpaksa bermalam di atas kapal sambil menunggu cuaca membaik. Jumlah penumpang di atas kapal tercatat hingga 300 orang.

“Penumpang masih di atas kapal, menunggu hingga cuaca membaik baru diberangkatkan kembali,” jelasnya.

Adapun KM Kirana dijadwalkan berangkat ke Balikpapan pada sore hari, namun dengan melihat kondisi cuaca ekstrem sehingga batal berangkat. Penumpangnya pun ditampung sementara di Terminal Pelindo Parepare.

“KM Kirana itu rencana berangkat sekitar pukul 3-4 sore, tapi cuaca berubah jadi ekstrem jadi batal berangkat,” rincinya.

Pihaknya mengaku akan melihat perkembangan cuaca. Jika memang dinilai belum aman untuk berlayar maka akan terus menunggu hingga dinyatakan aman.

“Kita masih pantau terus kondisi cuaca, jika sudah dinyatakan aman baru bisa diizinkan berlayar,” paparnya.

Baca Juga  Ingatkan Bijak Bermedsos, Pangdam Hasanuddin Minta Personel Rindam Tak Komentari Kebijakan Pemerintah
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *