banner 920x90

Musim Kemarau, Masyarakat Diserang Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut

  • Share

GOWA, Newstime.id – Kepala Puskesmas Pembantu (PUSTU) Desa Lempangang, Gowa, melaporkan adanya penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang menyerang Masyarakat di Desa Lempangang.

Penyakit ISPA yang menyerang beberapa masyarakat diprediksi dikarenakan oleh musim kemarau yang berkepanjangan. Terlebih kemarau saat ini disertai suhu panas yang tinggi, penyakit seperti infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA, tenggorokan gatal, batuk serta diare, menjadi penyakit yang kerap muncul dan menganggu kesehatan masyarakat, setiap musim kemarau terjadi.

“Sepanjang tahun 2023 ini warga diserang oleh penyakit ISPA mulai dari balita hingga lansia. Ada banyak penyebab warga bisa terkena ISPA, salah satunya musim kemarau. Situasi itu mengakibatkan virus dengan cepat menyerang saluran pernapasan,” ujar Idris

Pelaksanaan Sosialisasi dan Penyuluhan ISPA dari PUSKESMAS Bajeng, Selasa,21 November 2023

Idris menambahkan, salah satu langkah untuk menghindari penyakit tersebut masyarakat diimbau untuk memakai masker. Utamanya saat bepergian ke luar rumah.

“Terus menjaga ketahanan tubuh dengan memperbanyak mengonsumsi sayur, buah, serta melakukan aktifitas fisik. Kami juga imbau agar masyarakat dapat menggunakan masker saat keluar rumah,” jelasnya.

*penulis : Sukmawati*

Baca Juga  Danny Paparkan Penanganan Sampah dan Bank Sampah Makassar Pada Forum APEC
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *