banner 920x90

Pasca Kebakaran Pasar Sentral Hanguskan 931 Kios, Danny Pomanto Bahas Rekonstruksi

  • Share

MAKASSAR, Newstime.id – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto segera membahas rekonstruksi Pasar Sentral Makassar pascakebakaran yang menghanguskan 931 kios. Pihaknya akan melibatkan pedagang terdampak dalam hal ini.

“Satu dua hari ini saya akan panggil semua pedagang untuk merumuskan. Saya selalu dalam keputusan seperti ini melibatkan mereka semua,” tutur Danny di lokasi, Rabu (28/12/2022).

Danny dalam kunjungannya turut didampingi Direktur Utama Perumda Pasar Makassar Raya Ichsan Abdul Hussein. Rencana revitalisasi pasar turut mengemuka dalam kunjungannya tersebut.

“Insyaallah kita akan carikan solusi secepat-cepatnya, agar mereka bisa berdagang apalagi menyambut bulan suci Ramadan,” ucap Danny.

Danny mengaku sudah meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) mengecek anggaran untuk dialokasikan pada perbaikan Pasar Sentral Makassar. Biaya itu diharapkan bisa meringankan beban pedagang yang terdampak.

“Saya cek di PU ada biayaya yang bisa untuk peruntukan material untuk mereka. Paling tidak meringankan mereka,” ucapnya.

Sistem keamanan Pasar Sentral Makassar juga menjadi atensi untuk dibenahi. Alat pemadam api ringan (APAR) juga harus disediakan.

“Maka tadi sistem APAR, sistem pengamanan buka tutup itu harus dilaksanakan,” tegas Danny.

Pihaknya berharap kejadian ini tidak terulang lagi. Insiden ini menjadi evaluasi untuk segera berbenah.

“Kejadian yang berulang ulang seperti ini harus menjadi pelajaran yang kita meningkatkan keamanan, sistem keamanan pasar itu harus menjadi bagian penting, terutama tentang kebakaran,” imbuh Danny.

Sementara Danny juga belum menjelaskan lebih jauh terkait penyebab kebakaran Pasar Sentral Makassar. Polres Pelabuhan sedang melakukan penyelidikan di lokasi.

“Biarkan kepolisian nanti yang mengungkapkan, Pak Kapolrestabes pelabuhan sedang melaksanakan penyelidikan,” tuturnya.

Untuk diketahui, Pasar Sentral Makassar terbakar pada Selasa (27/12) malam sekitar pukul 19.26 Wita. Perumda Pasar Makassar Raya mencatat ada 931 kios terdampak akibat insiden itu.

Baca Juga  Hari II Porprov Sulsel XVII, Kontingen Makassar Raih 10 Emas, Danny Beri Apresiasi

“Kalau data potensi kami untuk blok B selatan istilahnya ini 931 (yang terdampak). Data potensi kami los ya, kios, bukan jumlah pedagang,” ungkap Direktur Utama Perumda Pasar Makassar Raya Ichsan Abdul Hussein di lokasi, Selasa (27/12).

Ichsan mengungkapkan kios yang terbakar didominasi pedagang tekstil. Di mana para pedagang menjual pakaian hingga gorden.

“Itu rata-rata pakaian, gorden, hampir semua tekstil,” ucapnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *