banner 920x90

Usulan Tarif Stadion GBH Markas PSM Naik dari Rp 500 Ribu Jadi Rp 7,5 Juta

  • Share

PAREPARE, Newstime.id – Tarif sewa Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) diusulkan naik dari Rp 500 ribu menjadi Rp 7,5 juta per hari. Biaya sewa markas PSM Makassar itu akan diatur dalam peraturan daerah (perda) soal retribusi dan pajak terbaru yang akan ditetapkan tahun ini.

Koordinator Pansus Perda Pajak dan Retribusi Kota Parepare Rahmat Sjamsu Alam mengatakan penggodokan regulasi tersebut sedang berproses. DPRD bersama Pemkot masih mengkaji skenario pemberlakuan tarifnya.

“Kita sementara bahas draf usulan tarif retribusi secara umum, termasuk Stadion BJ Habibie,” ungkap Rahmat kepada detikSulsel, Selasa (23/5/2023).

Rahmat menuturkan sejumlah usulan sudah ditawarkan oleh OPD terkait. Semua usulan tarif sewa Stadion GBH akan dipertimbangkan secara matang.

“Jadi usulan yang masuk, untuk penggunaan malam hari dan tujuan komersial, maka tarif retribusi pemakaian Stadion BJ Habibie dipatok Rp 7,5 juta per hari,” paparnya.

Menurutnya, tarif sewa stadion akan diatur secara detail. Biayanya bervariasi tergantung klasifikasi dan tujuan penggunaannya.

“Ada perbedaan harga dengan klasifikasi dipakai malam hari dan tujuannya apakah komersial atau non komersial,” ungkapnya.

Wakil Ketua II DPRD Parepare ini melanjutkan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) yakni Rp 1,5 juta sehari jika non komersial. Sementara jika dipakai siang hari tanpa tujuan komersial dibebankan biaya Rp 750 ribu sehari.

“Itu masih usulan dari Disporapar, tetapi kemungkinan itu yang akan final (disepakati)” imbuhnya.

Rahmat menargetkan perda terkait retribusi dan pajak ini rampung Juni mendatang. Jika sudah disahkan, PSM Makassar yang menggunakan Stadion GBH sebagai markas mesti mengikuti aturan baru.

“Iya, begitu nanti modelnya (skema tarif)” jelasnya.

Menurutnya pembahasan retribusi dan pajak ini tidak hanya terkait penggunaan Stadion GBH Parepare saja. Ada banyak obyek pajak lain yang akan diatur dengan melibatkan OPD terkait.

Baca Juga  Alhamdulillah! Makassar Raih Juara Umum Kompetisi Tilawatil Qur'an dan Hadits

“Ini banyak OPD dibahas. Ada terkait rumah sakit, parkir dan sampah, makanya agak lama,” imbuh Rahmat.

PSM Kontrak Rp 15 Juta Sebulan
Rahmat mengutarakan selama ini biaya sewa Stadion GBH ditetapkan Rp 100 ribu per hari. Sementara tarif maksimalnya mencapai Rp 500 ribu per hari jika pengunaannya melibatkan sponsor.

“Di Perda yang lama retribusi itu hanya Rp 500 ribu jika melibatkan sponsor. Sementara pemakaian tanpa sponsor misalnya latihan sepakbola itu Rp 100 ribu per hari,” imbuh Rahmat.

Tarif itu juga ditetapkan untuk PSM Makassar. Namun PSM disebut menjalin kontrak dengan Pemkot Parepare untuk pemakaian stadion dengan biaya Rp 15 juta sebulan sejak kompetisi berjalan.

“Untuk sementara PSM sistem dia sewa 30 hari. Sekarang PSM sewanya per 30 hari jadi bisa Rp 15 juta selama sebulan selama ada pertandingan. Itu info dari Dispora,” ucapnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *