banner 920x90

Piala AFF di GBK, Polisi Perketat Pengamanan Bakal Kawal Timan Vietnam

  • Share

JAKARTA, Newstime.id – Polda Metro Jaya akan mengawal ketat Timnas Vietnam yang akan bertanding melawan Timnas Indonesia pada gelaran Piala AFF 2022 di Gelora Bung Karno, besok. Hal ini buntut aksi pelemparan terhadap bus Timnas Thailand beberapa waktu lalu.

“Ya tentu ada pengamanan yang lebih ketat terhadap rombongan pemain dan official Vietnam,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat dihubungi, Kamis (5/1/2023).

Zulpan mengatakan, nantinya mereka akan dikawal langsung dengan kendaraan taktis dan juga dibantu dengan mobil pengawal lalu lintas.

“Polda Metro Jaya juga akan menyiapkan kendaraan rantis untuk mengawal kendaraan bus pemain Vietnam. Mereka tetap naik bus tapi ada kendaraan rantis yang ikut mengawal. Di samping tentunya menggunakan pengawalan dengan kendaraan pengawalan lalu lintas,” jelasnya.

Zulpan menambahkan kepolisian akan memastikan penonton yang hadir memang telah memiliki tiket.

“Kepolisian dan panitia memastikan bahwa yang bisa menonton di dalam stadion nantinya adalah hanya penonton yang telah memiliki tiket. Ini tentu mendasari pada aturan dan standar FIFA mengingat ini merupakan pertandingan internasional,” jelasnya.

Merujuk pada standar pengamanan FIFA, 150 steward akan ditempatkan di dalam stadion.

“Mendasari aturan FIFA maka untuk pengamanan di dalam stadion (seputar lapangan) akan ada steward,” katanya.

Sebelumnya, video aksi pelemparan terhadap bus yang ditumpangi tim nasional (timnas) sepakbola Thailand viral di media sosial. Polisi membenarkan peristiwa tersebut.

“Benar adanya pelemparan bus itu. Dengan sangat menyesal saya menjawab benar ada kejadian tersebut,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, saat dihubungi, Kamis (29/12/2022).

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak bus warna hijau yang ditumpangi timnas Thailand dikelilingi sejumlah orang berbaju hitam. Mobil polisi tampak mengawal bus tersebut.

Baca Juga  Danny Pomanto Lepas Ribuan Peserta Makassar Half Marathon 2022

Aksi pelemparan tersebut terjadi di sekitar kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Pelemparan terjadi menjelang laga AFF 2022 timnas Indonesia vs Thailand sore ini. Polisi masih menyelidiki pelaku pelemparan.

“Kami masih menyelidiki pelakunya,” kata Zulpan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *