banner 920x90

Sita Perhatian, Pecatur Cilik Asal Luwu Timur Sabet Medali Emas Kejurnas di Jakarta

  • Share

LUWU TIMUR, Newstime.id – Pecatur cilik asal Luwu Timur (Lutim), Sulawesi Selatan (Sulsel) Adi Wibisana menyita perhatian setelah menyabet medali emas Kejurnas ke-49 di Jakarta dan akan mewakili RI bertanding di Taiwan. Adi saat ini masih berusia enam tahun dan duduk di bangku kelas I SD.

“Adi kelas 1 SD,” ujar ayah Adi, Komang Agus Krisna Guna kepada, Selasa (11/4/2023).

Komang kemudian berbagi tips bagaimana ia mendidik Adi menjadi pecatur cilik berprestasi. Dia mengaku sejak awal melarang putranya menonton televisi dan bermain game online seperti kebanyakan anak-anak seusianya.

“Kalau saya memang targetkan mereka, sama adiknya kakaknya memang hindari televisi, tidak punya televisi memang. Pakai komputer untuk online, saya sama sekali tidak izinkan dia main HP game online, karena saya rasa lebih banyak merusaknya dari pada kebaikannya,” katanya.

Menurut Komang, Adi juga belum pernah mengikuti pendidikan catur secara khusus. Namun anak itu belajar catur dari sang ayah.

“Kebetulan atlet catur Luwu Timur juga saya,” ungkap Komang.

Komang mengatakan dia juga selalu mengimbangi aktvitas putranya dengan kegiatan olahraga. Adi saat ini aktif bela diri silat.

“Kalau olahraga ikut bela diri silat, jadi untuk fisiknya tetap terjaga biar prima. Kebetulan di sini ada pencak silat kera sakti,” ungkapnya.

Komang merupakan pedagang di warung. Namun dia dan istrinya selalu menyempatkan untuk memberikan pendidikan ke anaknya.

“Pedagang warung di rumah, jadi bisa terus sama mereka. Saya sama istri jualan gantian, kalau saya jualan istri mengajarkan anak. Kalau ibunya yang jualan saya yang ajar catur. Jadi saya dekat dengan mereka,” tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, Adi Wibisana mampu menyabet medali emas saat kejuaraan nasional (Kejurnas) catur ke-49 di Jakarta International Expo, Jakarta pada Maret 2023 lalu. Adi disebut akan mewakili RI bertanding catur di Taiwan pada Mei 2023 mendatang.

Baca Juga  Beri Kuliah Umum, Danny Pomanto Ajak Mahasiswa UMS Rappang Jadi Pemimpin Masa Depan

Ketua Percasi Lutim Alpian Alwi mengatakan PB Percasi memang menjanjikan Adi sebagai peraih emas Kejurnas di Jakarta akan diberangkatkan ke Taiwan untuk mewakili Indonesia.

“Pada saat penutupan. Disampaikan peraih medali emas pada semua kategori junior akan diberangkatkan ke Taiwan mewakili Indonesia kejuaraan Asia kelompok umur,” kata Alpian saat dimintai konfirmasi terpisah, Selasa (11/4).

Namun dia mengaku belum tahu detil kejuaraan tersebut. Pihak PB Percasi belum memberikan informasi lebih lanjut.

“Untuk detail kejuaraan yang akan diikuti belum ada rilis dari PB Percasi pusat,”katanya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *