banner 920x90

Rumah Dinas Kapolda Papua Kebakaran, Sempat Terdengar Ledakan

  • Share

JAYAPURA, Newstime.id – Kebakaran melanda rumah dinas Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri di Kota Jayapura. Polisi menyebut sempat terdengar suara ledakan saat kebakaran terjadi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menuturkan kebakaran diketahui dari teriakan asisten rumah tangga dari dalam rumah. Teriakan itu menyebut bahwa ada asap yang muncul di dalam rumah.

“Salah satu saksi yang bertugas sebagai piket jaga kediaman Kapolda menyampaikan, pada saat kejadian saksi sedang melaksanakan tugas piket jaga pos penjagaan kediaman Kapolda tiba-tiba mendengar teriakan dari dalam kediaman dengan kata ada asap,” tutur Benny dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/1/2023).

Petugas piket yang berada di lokasi kemudian langsung lari ke dalam rumah. Saat itu petugas melihat sumber api di bagian sudut kiri belakang rumah dinas.

“Mendengar teriakan tersebut saksi bersama rekan jaga langsung berlari ke arah dalam kediaman dan melihat sumber api yang berada di bagian sudut kiri bagian belakang kediaman di mana (ada) asap tebal,” ujarnya.

Tidak lama kemudian, lanjut Benny, terdengar suara ledakan dari dalam rumah dinas.

“Terdengar suara ledakan dari dalam kediaman disertai nyala api,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, rumah dinas Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, kebakaran subuh tadi. Dugaan sementara kebakaran terjadi karena korsleting listrik.

“Dugaan awal (kebakaran) korsleting listrik,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada detikcom, Selasa (17/1).

Meski begitu, Benny mengatakan saat ini penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan. Tim Inafis Polda Papua sedang melakukan olah TKP.

“Sementara masih dalam penyelidikan dari Polres Kota Jayapura maupun dari personel Polda,” imbuhnya.

“Api diduga berasal dari kamar Bapak Kapolda,” ujar Kombes Benny.

Baca Juga  Kejamnya Kelakuan KKB Bunuh Siswa Papua

Diketahui, kebakaran terjadi sekitar pukul 04.45 WIT. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 05.30 WIT. Diduga api pertama kali muncul dari dalam kamar Irjen Mathius Fakhiri.

Benny menyampaikan, saat itu kondisi kamar Kapolda Papua sedang kosong. Kamar dalam kondisi terkunci sehingga sulit dilakukan penanganan awal.

“Karena dalam kondisi terkunci, sehingga anggota piket dan yang berada di rumah, atau pengurus rumah tangga, itu karena api sangat cepat sehingga sulit untuk tindakan awal,” terangnya.

Saat kebakaran, lanjut Benny, Irjen Mathius D Fakhiri sedang tidak berada di rumah dinas.

“Pada saat kejadian Bapak Kapolda sedang tidak tinggal di kediaman dinas,” imbuhnya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *